Iklan

UMBandung

Iklan

UMBandung
,

Iklan

Mudir PontrenMu Darul Arqom Patean: Tunjukkan Akhlakmu sebagai Santri!

Redaksi
Minggu, 23 Juni 2024, 10:45 WIB Last Updated 2024-06-23T03:45:25Z


KENDAL –
Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean Kendal menggelar Wisuda Santri Akhir KMI di Aula Pertemuan Darul Arqom, Sabtu (22/06/2024 M/15 Dzulhijah 1445 H). 


Pimpinan atau Mudir Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean, KH. Taufiq Hartono menyampaikan pentingnya nilai terus belajar dan menjaga nilai-nilai santri. “Anak-anakku, kalian harus menjaga nilai mau belajar dimanapun berada, buka mindsetmu, isi mindsetmu dengan ilmu” ucap Mudir PPM Darul Arqom Patean.


“Jaga santrimu!, jaga nama pondokmu!, dan jaga orang tuamu,” lanjutnya dalam sambutannya.


Adapun kesan mudir terhadap santri akhir adalah baik. “Kesan saya sangat baik, anak-anak ini luar biasa dan saya ingin mendengarkan keberhasilan kalian di masyarakat nanti” ungkap kyai Taufiq.



Dalam sambutannya ketua LPP PWM Jawa Tengah KH. M. Irzal memberi beasiswa kuliah di UMKABA untuk 4 orang santri berprestasi. “Saya kasih tadi 4 orang santri yakni 2 santriwan dan 2 santriwati untuk mendapatkaan beasiswa S1 kuliah di UMKABA,” sambut sang ketua LPP PWM Jawa Tengah.


KH. M. Irzal Fadholi yang didapuk sebagai pembicara dalam acara tersebut menyampaikan 5 Nilai penting yang harus dimiliki oleh alumni pesantren Muhammadiyah. 


“Anak-anakku para alumni Darul Arqom Patean, saya berpesan untuk memegang 5 nilai dasar sebagai alumni pesantren ini,” ucap Ketua LPP Jateng.


Kelima nilai tersebut adalah:



Pertama, Nilai Keikhlasan: sebagai santri dan kader umat, kalian harus memiliki jiwa ikhlas yakni sepi ing pamrih rame ing gawe. Maksudnya kalian harus benar-benar menjalankan dakwah dengan tulus, baik disangoni atau tidak disangoni. Kedua, Nilai Kesederhanaan: Kalian harus berjiwa sederhana dalam mengerjakan semua kegiatan di masyarakat. Ketiga, Nilai Ukhuwah: Kalian harus dapat menjadi perekat umat. Keempat, Nilai Jiwa Berpikir Bebas dan Luas: kalian harus bisa melihat jauh ke depan apa yang akan dikerjakan di kemudian hari, Kelima, Nilai Kemanfaatan: kalian harus menjadi orang yang bermanfaat baik untuk diri kalian, kelauarga dan masyarakat. 


KH. M. Irzal Fadholi menekankan bahwa kelima nilai tersebut merupakan bekal utama bagi alumni Pesantren Muhammadiyah dalam rangka membentuk karakter unggul dan berkemajuan. Sambil berkelakar dengan Kyai Taufiq Hartono selaku Mudir TrenMu Darul Arqom Patean, Kyai Irzal menyampaiakan: “Jangan sampai alumni pesantren hanya mendapatkan budaya pesantren tanpa balutan nilai-nilai dan ruh pesantren yang ditanamkan.


Rombongan LPP PWM Jateng yang dihadiri ketua KH. M. Irzal, sekretaris ustadz M. Asimul Irfi dan anggota ustadz Yuniar Rahman disambut langsung para pimpinan pondok dan mudir Darul Arqom Patean.


Acara yang diselenggarakan sebagai puncak seluruh kegiatan santri akhir tersebut dihadiri oleh pengurus LPP PWM Jateng, PDM Kendal, PCM dan PCA Patean, Camat Patean, Kapolsek Patean dan seluruh Wali Santri kelas akhir (Tarqum Aziz JurnalisMu). 

Iklan

UMBandung