Iklan

Iklan

,

Iklan

Dadang Kahmad Ingatkan Jurnalis Muhammadiyah Menjadi Penyampai Informasi yang Benar

Redaksi
Selasa, 16 Juli 2024, 13:26 WIB Last Updated 2024-07-16T06:26:21Z


BANDUNG –
Di tengah surplus informasi yang diterima publik, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dadang Kahmad berpesan ke para jurnalis Muhammadiyah supaya ingat kandungan surat Ali Imran ayat 17.


Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pustaka dan Informasi ini meminta supaya p ara jurnalis Muhammadiyah untuk merujuk sumber informasi yang mengandung kredibilitas dan kebenaran, tidak hanya mementingkan rating pemberitaan.


Dalam konteks jurnalistik, kata Dadang, sifat-sifat muslim yang digambarkan dalam Ali Imran ayat 17 bisa diterapkan, seperti sifat sabar, taat, tanggung jawab, tidak kikir informasi, dan korektif.

ee

“Dalam tugas jurnalistik yang terkait dengan ayat ini ada unsur kesabaran, ketaatan, tanggung jawab, tidak kikir informasi dan permohonan ampun atas setiap informasi yang ditulis merupakan informasi yang benar tidak menyesatkan,” katanya pada (14/7/2024) dalam penutupan UKW di UM Bandung.


Oleh karena itu, para jurnalis persyarikatan Muhammadiyah diharapkan untuk senantiasa melatih dan menguji kecakapan sebagai insan media. Salah satunya dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).


Selain itu, pesan yang bisa dipetik dari Surat Ali Imran ayat 17 adalah sebuah gambaran sifat hamba yang bertakwa, dan dijanjikan pahala berlimpah oleh Allah SWT.***

Iklan