Iklan

Iklan

,

Iklan

Bogor Timur Resmi Miliki Universitas dengan Berdirinya Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI)

Redaksi
Rabu, 10 Juli 2024, 10:35 WIB Last Updated 2024-07-10T03:35:08Z


BOGOR --
Bogor timur resmi memilik Universitas, yaitu dengan Berdirinya Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI), UMCI merupakan kampus resmi yang berdiri di Kecamatan Cileungsi dimulai dengan STT Muhammadiyah Cileungsi yang berdiri pada tahun 2004. 


Kemudian pada bulan September 2023 STT Muhammadiyah Cileungsi mengusulkan untuk digabung dengan Akademi Kebidanan Bhakti Mitra Husada menjadi Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) kemudian diusulkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program APPPPTS 2023 Gelombang 2. 


Setelah proses yang cukup panjang dan tidak mudah akhirnya pada tanggal 25 Juni 2024 SK Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) resmi ditandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Bapak.Abdul Haris. 


Hadirnya kampus Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) di Bogor menjadi kebahagian tersendiri warga Bogor Timur, karena dengan hadirnya kampus UMCI akan memberikan kemudahan bagi generasi muda bogor timur untuk bisa melanjutkan kuliah ditempat yang dekat, harga terjangkau dan berkualitas. 


Tentu UMCI juga tidak hanya menerima Calon Mahasiswa dari Wilayah Bogor Timur namun juga dari seluruh Indonesia dan juga mahasiswa dari luar negeri.


Adapun penyerahkan SK UMCI secara resmi dilaksanakan di Aula Gedung LLDIKTI Wilayah IV Jalan P.H.H.Mustofa Nomor 38 Kota Bandung pada tanggal 09 Juli 2024. Acara dilaksanakan dari pukul 14.30-17.00. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak. Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. Kepala LLDIKTI Wilayah IV dan Staf LLDIKTI Wilayah IV. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh Ketua BPH STT Muhammadiyah Cileungsi Bapak.Firmansyah Azharul,M.T., Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi Bapak.Mohammad Anas Sobarnas,M.Kom., Ketua PCM Cileungsi Bapak.Mustopa Idris,M.E.I dan Ketua Panitia Pendirian Universitas Muhammadiyah Cileungsi Bapak.Namin AB,M.Pd.


Kepala LLDIKTI Wilayah IV Bapak. Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU dalam sambutannya menyampaikan salam dan selamat kepada Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si atas terbitnya izin tiga Universitas Muhammadiyah baru di Jawa Barat. 


Dalam kesempatan ini beliau juga bepesan dengan lahirnya Universitas Muhammadiyah Cileungsi berharap agar keberadaan kampus UMCI bisa berkontribusi untuk menciptakan SDM Unggul dan Berkualitas. 


Tugas selanjutnya agar UMCI juga bisa menedukasi Masyarakat tentang keberadaan kampus UMCI dan juga segera melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2024.


Melalui SK Kemendikbudristek NOMOR 402/E/0/2024 Universitas Muhamamdiyah Cileungsi (UMCI) telah disetujui untuk menyelenggarakan perkuliahan dengan program studi Teknik Industri (S1), Teknik Informatika (S1), Teknik Mesin (S1) , Kebidanan (D3) , Hukum (S1), Manajemen (S1), Ilmu Komunikasi (S1), dan Rekayasa Perangkat Lunak Program (S1).


Dalam acara yang sama selain Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) yang mendapatkan SK Kemendikbudristek terdapat juga penyerahkan SK untuk Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon dan Universitas Muhammadiyah Kungingan.




Kepala LLDIKTI Wilayah IV Bapak. Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU dalam sambutannya menyampaikan dengan lahirnya Universitas Muhamamdiyah Cileungsi berharap agar keberadaan kampus UMCI bisa berkontribusi untuk menciptakan SDM Unggul dan Berkualitas, beliau juga berharap agar UMCI bisa menjadi kampus unggul dan bisa sejajar dengan kampus-kampus lainnya, oleh sebab itu maka UMCI harus dikelola secara professional oleh tim yang berkompeten.


Setelah mendaptakan SK Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) Ketua BPH STT Muhammadiyah Cileungsi Bapak.Firmansyah Azharul dan Ketua STT Muhammadiyah Cileungsi Bapak.M Anas Sobarnas langsung memberikan arahan kepada Tim PMB Universitas Muhammadiyah Cileungsi untuk bergerak melakukan penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025. Sementara Ketua PCM Cileungsi Bapak.Mustopa Idris menyampaikan akan segera melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk segera melanjutkan pendirian Gedung Kampus Utama Universitas Muhammadiyah Cileungsi yang berlokasi di Jalan Raya Narogong Cileungsi Kabupaten Bogor. 


Ketua Panitia Pendirian Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) Bapak.Namin AB menyampaiakan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung proses pendirian Universitas Muhamamdiyah Cileungsi  atau Penggabungan Sekolah Tinggi Teknologi Muhamamdiyah Cileungsi dengan Akademi Kebidanan Bhakti Mitra Husada menjadi Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI). 


Yaitu kepada Tim dari Kelembagaan Kemendikbudristek, Kepala LLDIKTI Wilayah IV dan Tim, PW Muhammadiyah Jawa Barat, PDM Kabupaten Bogor, Ketua PCM Cileungsi, BPH STT Muhamamdiyah Cileungsi, Ketua STTM Cileungsi, Tim Panitia Pendirian UMCI, Civitas Akademika STTM Cileungsi, Tim Akademi Kebidanan Bhakti Mitra Husada dan seluruh kepala AUM PCM Cileungsi. 


Proses pendirian Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) terbilang cepat yaitu sekitar 10 bulan sejak dilaksankannya Penadatanganan Perjanjian Kerjasama APPPPTS 2023 Gelombang 2 antara BPH STT Muhamamdiyah Cileungsi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tanggal 12 September 2023. 


Selama kurun waktu 10 bulan tersebut Panitia terus mendapat pendampingan dan bimbingan oleh Tim Kelembagaan Kemendikbudristek dan pada tanggal 25 Juni 2024 SK Universitas Muhammadiyah Cileungsi (UMCI) resmi ditandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Bapak Abdul Haris. (Nabis)

Iklan