Iklan

Iklan

,

Iklan

Cetak Lulusan Berwawasan Global, UM Bengkulu Luncurkan Program Kelas Internasional

Redaksi
Selasa, 17 September 2024, 20:08 WIB Last Updated 2024-09-17T13:08:38Z


BENGKULU –
Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) pada Selasa (17/9/2024) meluncurkan dua Kelas Internasional untuk program studi sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Komunikasi. Peluncuran ini menandai langkah besar UMB dalam menjawab kebutuhan pendidikan global dan mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing di kancah internasional.


Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UMB, Andi Azhar, menyebutkan, program ini didesain untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global.


“Melalui program ini, UMB berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki wawasan global, keterampilan komunikasi lintas budaya, dan kemampuan beradaptasi dalam berbagai konteks internasional,” jelasnya.


Selain itu, kehadiran dua program internasional ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang mampu bersaing di pasar kerja global dan memberi kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.


Bertha Tesma WulandariKoordinator Program IUP UMB, menjelaskan bahwa program ini menawarkan berbagai keunggulan bagi mahasiswa, antara lain, mahasiswa akan belajar menggunakan kombinasi kurikulum nasional yang memastikan keselarasan dengan standar pendidikan Indonesia, dan kurikulum internasional (General Education) yang memberikan wawasan global dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja masa kini.


“Mahasiswa akan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara, menciptakan lingkungan belajar yang kaya akan budaya dan perspektif berbeda, serta meningkatkan kemampuan komunikasi lintas budaya,” ungkapnya.


Mahasiswa juga akan memiliki akses ke jaringan global melalui program pertukaran pelajar, magang internasional, dan kerjasama dengan universitas mitra di luar negeri, membuka peluang untuk memperluas wawasan dan pengalaman di tingkat global.


Selain itu, lulusan program ini akan memiliki keterampilan yang sesuai dengan standar internasional dan pengalaman belajar lintas budaya, sehingga siap bersaing di pasar kerja global yang semakin kompetitif.***

Iklan