Iklan

Iklan

,

Iklan

Haedar Nashir Resmikan Dormitory UMY, Gedung Tertinggi di Bantul

Redaksi
Jumat, 04 Oktober 2024, 14:40 WIB Last Updated 2024-10-04T07:40:16Z


BANTUL -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir resmikan dua gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yaitu UMY Student Dormitory dan Gedung Djarnawi Hadikusumo pada Jumat (4/10/2024).


Pembangunan gedung ini menelan biaya sebesar Rp. 129,6 miliar. Sempat terhenti karena covid-19, gedung ini akhirnya rampung pada 2024 dengan tinggi 14 lantai dan memiliki 580 kamar asrama, ramah difabel, disertai berbagai fasilitas termasuk Coffee Shop.


Haedar mengapresiasi pembangunan gedung ini, sebab dapat dibangun dan dikelola secara efisien dan mandiri – swakelola. Menurutnya, swakelola ini menjadi etos dan sistem yang berlaku di Muhammadiyah.


“Kemegahan dan fasilitasnya yang lengkap ini menjadi satu kesatuan sistem yang ada di UMY,” katanya.


Adanya bangunan atau gedung ini, dan seluruh bangunan di kampus terpadu UMY, katanya, bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA). Selain itu pembangunan ini sekaligus bukti UMY mampu bersaing dengan yang lain.


“Tujuannya adalah untuk membangun kecerdasan bangsa yang berbasis pada Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK),” imbuh Haedar.


Guru Besar Ilmu Sosiologi ini mengatakan, nilai yang dikandung dalam AIK dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata. AIK sebagai basis PTMA diharapkan menjadi bekal untuk mahasiswa menjadi insan cendekia yang humanis dan adaptif terhadap kemajuan.


Apresiasi juga disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X. Pihaknya menyambut baik langkah maju yang diambil oleh UMY, khususnya dalam menyediakan asrama bagi mahasiswa.  Ini bukti keseriusan UMY dalam memfasilitasi mahasiswanya.


KGPAA Paku Alam X juga mengapresiasi kolaborasi yang dibangun oleh UMY dengan Bank BPD DIY. Langkah kolaborasi itu, katanya, menunjukan bahwa UMY secara serius membangun dan mencerdaskan bangsa Indonesia.


“Kami mengucapkan selamat atas diresmikannya Dormitory UMY, semoga gedung ini memberikan manfaat sebagaimana yang diinginkan,” katanya.


Sementara itu, Rektor UMY, Gunakan Budiyanto menyampaikan pembangunan ini dilakukan secara swakelola melibatkan civitas akademika dari UMY maupun dari perguruan tinggi yang lain.


Gunawan menjelaskan, pembangunan gedung ini sempat tersendat karena Covid-19, akan tetapi dapat dilanjutkan dengan anggaran awal sebesar Rp. 161, 5 miliar. Namun karena efisiensi, anggaran terserap sebesar Rp. 129,6 miliar atau serapan sebesar 80,27 persen.


Peresmian ditandai dengan penarikan pita oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, yang didampingi oleh Rektor dan BPH UMY. Terlihat hadir pada kesempatan ini Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais, Agung Danarto dan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah.***

Iklan